Waspada Demam Berdarah Di Musim Penghujan

09 Januari 2020 09:40:23 WIB

Demam berdarah dengue merupakan penyakit menular yang ditularkan oleh nyamuk aedes aegepty yang sudah terinfeksi virus dengue.

Virus dengue biasanya menginfeksi nyamuk aedes betina saat menghisap darah dari seseorang yang sedang dalam fase demam akut (viraemia), yaitu dua hari sebelum panas sampai lima hari setelah demam timbul.

Nyamuk menjadi infektif di hari ke delapan sampai ke-12 sesudah menghisap darah penderita yang sedang viremia dan tetap infektif selama hidupnya.

Setelah melalui periode inkubasi ekstrinsik tersebut, kelenjar ludah nyamuk bersangkutan akan terinfeksi dan virusnya akan ditularkan ketika nyamuk tersebut menggigit dan mengeluarkan cairan ludahnya ke dalam luka gigitan ke tubuh orang lain.

DBD menyerang pembuluh darah yang menyebabkan indikator trombosit turun drastis. Kasus meninggalnya seseorang karena mengalami shock pembuluh darah.

Oleh karena itu, pencegahan paling baik untuk penyakit DBD ialah dengan mengiatkan kegiatan 3M:

1. Menguras
Membersihkan tempat yang sering menjadi penampungan air, seperti bak mandi, vas bunga, penampungan air minum, minimal sekali dalam seminggu.

2. Menutup
Menutup rapat tempat-tempat yang berpotensi membuat air tergenang, seperti toren air, drum air, dll.

3. Mendaur Ulang
Memanfaatkan kembali barang bekas yang dirasa dapat menjadi tempat berkembang biak nyamuk, seperti botol atau kaleng bekas. Atau dapat berlangganan pengangkutan sampah melalui BUMDes Go-Sari di nomor 085228218777 atau 085700616160

Plus-nya di sini adalah segala bentuk usaha pencegahan yang dapat dilakukan seperti: memelihara ikan pemakan jentik nyamuk, Menggunakan obat anti nyamuk, gotong royong membersihkan lingkungan, memeriksa tempat-tempat penampungan air, menaburkan abate pada tempat penampungan air, menananm tanaman pengusir nyamuk, memasang kawat kasa pada ventilasi, meletakan pakaian bekas pada wadah tertutup, memperbaiki saluran air yang tidak lancar, memakai kelambu untuk tidur.

_
Whatsapp: 02746461041
Facebook: Desa Guwosari
Instagram: @desaguwosari

_
Mari bersama-sama Nyawiji mBangun Desa Guwosari


#DesaGuwosari #Pajangan #Bantul #Yogyakarta #3M #DBD

Komentar atas Waspada Demam Berdarah Di Musim Penghujan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License