Program PPM AKBIDYO Sasar Ibu Hamil dan Balita Guwosari

Guwosari 31 Januari 2019 09:27:18 WIB

Guwosari – Berdasarkan tingginya data permasalahan ibu hamil dan balita, berbarengan secara serentak delapan dusun di Guwosari dibina dalam Program Pengabdian Masyarakat STIKES AKBIDYO pada Rabu, 30 Januari 2019 bertempat di Balai Desa Guwosari. Kegiatan yang melibatkan kelompok masyarakat ini merupakan salah satu upaya desa Guwosari jaring kerjasama dengan sekolah tinggi untuk peningkatan kapasitas warga masyarakat.

 Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh STIKES AKBIDYO  kembali dilakukan di Guwosari. Setelah beberapa saat lalu, sekolah tinggi tersebut menerjunkan mahasiswanya untuk kuliah praktik lapangan, kini bagian dosennya yang melakukan pengabdian di masyarakat. Kegiatan tersebut terbagi menjadi dua kegiatan. Kegiatan pertama dilakukan di Aula Balai Desa Guwosari dengan agenda Persiapam Ibu Hamil yang Sehat dan Aman. Kegiatan yang dihadiri oleh Kepala Desa Guwosari, perwakilan Puskesmas Pajangan, dukuh, kader kesehatan, dan ibu hamil ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan cakupan dan mutu pelayanan kesehatan bagi ibu hamil, peningkatan pengetahuan dan peran aktif keluarga dan masyarakat dalam persiapan menghadapi komplikasi dan tanda bahaya kehamilan, merencanakan persalinan yang aman sehingga melahirkan bayi yang sehat.

Berbeda dengan kegiatan yang dilaksanakan di Pendapa yang lebih fokus pada balita di Guwosari. Ada sekitar 160 balita dan orang tua dilibatkan dalam peningkatan ketahanan keluarga melalui pendidikan anak usia dini dengan bentuk seminar dan small grup discussion. Dengan adanya dua kegiatan sebagai pengabdian masyarakat dapat menggali gagasan dan pemikiran dalam meningkatkan program dan kegiatan sebagai upaya pemberdayaan di masa depan yang dapat diimplementasikan dalam kehidupan masyarakat. (NH)

Komentar atas Program PPM AKBIDYO Sasar Ibu Hamil dan Balita Guwosari

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License