Pokdarwis Kampung Santan, Sukses Mengawinkan Juara di lomba Pokdarwis

Guwosari 21 Maret 2018 10:30:26 WIB

Senin, 19 Maret 2018 bertempat di Pantai Baron Gunung Kidul penyelenggaraan Grand Final Lomba Pokdarwis Tingkat prop. D.I.Y tahun 2018. Dalam ajang ini enam pokdarwis di D I Y berhasil lolos mengikuti acara puncak yang di selenggarakan oleh Dinas Pariwisata D.I.Y, Kabupaten Bantul diwakili Pokdarwis Kampung Santan Desa Guwosari dan pokdarwis Karangtengah Imogiri, Kab. Sleman diwakili pokdarwis Tlatar Seneng Prambanan, Kab. Gunung Kidul diwakili pokdarwis Baron Indah, Kab. Kulonprogo diwakili pokdarwis Hargomukti dan Kota Yogyakarta diwakili pokdarwis Umbul Gede, Umbulharjo.

Rangkaian Acara Grand Final ini diawali dengan lomba yel.yel antar pokdarwis dan hal ini tidak disia-siakan oleh pokdarwis Kampung Santan dalam memaksimalkan latihan selama tiga malam berturut-turut setelah mendapat undangan dari Dinpar. Kelompok yel yel pokdarwis Kampung Santan diikuti 22 anggota yang terdiri dari pengurus pokdarwis, pemuda-pemudi, ibu pkk, tokoh masyarakat bahkan kesepuhan juga berani tampil total dengan dandanan pentul bejer dan edan.edanan. Setelah dewan juri mengumumkan kejuaraan lomba yel yel dan benar membuahkan hasil yang sangat memuaskan, yel-yel pokdarwis Kampung Santan berhasil meraih juara.

Acara dilanjutkan dengan lomba Cerdas cermat antar pokdarwis. Pokdarwis Santan mengirimkan tiga perwakilan terbaiknya yakni, Zukhroni, S.Pd, M.Pd, Heny Tri W, S.Pd dan Nur Hidayad. Semua pertanyaan yang diajukan ke pokdarwis Kampung Santan dilingkup tata kelola pokdarwis dapat dijawab semua dengan sempurna oleh para juru bicara, sehingga ini juga menjadi point tambah untuk nilai pokdarwis Kampung Santan.

Namun memang perlu diakui dari sisi destinasi wisata di Desa Wisata Kampung Santan belum ada wisata alam sebagai penambah daya tarik wisata. Hal inilah yang mendorong Pokdarwis untuk selalu berupaya mewujudkan dengan akan mengolah aliran sungai bedog sebagai wisata susur sungai dan pinggiran sungai sebagai area camping ground.

Penilaian pokdarwis selain dibidang administrasi, pengelolaan dan inovasi daya tarik wisata, dan SDM pengurus yang dimiliki, juga ada unsur daya tarik wisata alam sehingga pokdarwis Kampung Santan hanya bisa meraih juara 3 tingkat D.I.Y ditahun 2018. Karena unsur potensi wisata yang dimiliki Dewi Kamsa adalah Kuliner, Kerajinan, Homestay dan Seni Budaya.

Keluar sebagai juara, pokdarwis Kampung Santan juga berhak maju sebagai Duta di tingkat Nasional untuk mewakili Propinsi D.I.Y dan akan bersaing kembali dengan pokdarwis-pokdarwis di seluruh Indonesia.

Sekali lagi selamat kepada Pokdarwis Kampung Santan yang telah berprestasi juara 3 lomba pokdarwis dan juara favorit lomba yel-yel pokdarwis tingkat Propinsi D.I.Y ditahun 2018. Harapan kita semua semoga bisa selalu berinovasi dalam mengembangkan dunia pariwisata sehingga prestasi-prestasi terbaik selalu bisa diraih. (Dhayad : Pokdarwis Dewi Kamsa)

-salampesonaindonesia-

Komentar atas Pokdarwis Kampung Santan, Sukses Mengawinkan Juara di lomba Pokdarwis

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Pesebaran Virus Corona Covid-19

Instagram Desa Guwosari

Aplikasi

Whatsapp Desa Guwosari

Video Profil Desa Guwosari