Kirab Budaya Merti Dusun Pringgading

08 Agustus 2017 15:47:22 WIB

Lurah Desa dan Pamong Desa Guwosari menghadiri acara pembukaan Merti Dusun Pringgading tahun 2017 dengan tema “Pringgading Gumregah” di rumah Dukuh Pringgading Mangku Wibowo Dusun Pringgading RT 04 Guwosari Pajangan Bantul, Minggu (6/8/2017) sekira jam 13.00 Wib. 

Pembukaan Merti Dusun ini dilakukan dengan kirab Budaya berupa kirab Bregodo prajurit dan gunungan. Patroli Polsek dan Ambulance Karang Taruna Dipo Ratna Muda, Bregodo Edan-edanan, Bregodo Ngeksi Gondo (Kraton Mataram), gunungan hasil bumi, Bregodo Lombok Abang Pringgading, gunungan nasi Wuduk dan Ingkung, Bregodo Singosaren dan Bedol Keprajan tokoh masyarakat Pringgading dengan membawa Panjang Ilang 99 buah. 

Kirab dimulai dari perempatan Pathuk Dusun Pringgading RT 02 menuju kediaman Dukuh Pringgading Mangku Wibowo Pringgading RT 04 sejauh ± 3 Km. Dengan melewati sebagian Dusun Krebet. 

Kirab dilepas oleh Plt. Kepala Dinas Pariwisata Kab. Bantul Kwintarto Heru Prabowo, S.Sos. Dalam sambutannya Ia menyampaikan Merti Dusun Pringgading dapat memberi manfaat kemajuan Pariwisata dan kesejahtetaan masyarakat Pringgading maupun Bantul. 

Hidup harus berlandaskan Guyub Rukun yang kalimatnya tidak bisa dipisahkan harus "Guyub Rukun". Hati, pikiran dan kegiatan harus bersatu. Guyub rukun Mbangun Deso salah satunya diawali dengan kegiatan seperti ini (Merti Dusun). 

Ada masalah di Dusun harus diselesaikan bersama-sama, tidak ada masalah Dusun harus tetap rukun. Acara ini bisa mempersatukan warga dan hidup yang sebenarnya yaitu Guyub Rukun. Urip rukun sejahtera dapat meningkat kesejahteraan dan mewujudkan Bantul loh jinawi toto tentrem kerto raharjo. Kegiatan Budaya dikemas dengan baik dan terencana bisa menjadi daya tarik Pariwisataan dan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. 

Acara pelepasan Bregodo dalam kali ini ditandai dengan pemukulan genderang agar sesuai tam Pringgading Gumregah”, pelepasan burung dan pelepasan balon. 

Di garis finis dilakukan acara gembul Dungo Pujho Basuki yang dihadiri Wakil Bupati Bantul KH. Drs.Abdul Halim Muslih, DPRD DIY Joko Purnomo, Wardoyo, S.Sn Pariwisata DIY, Kasi Kemasyarakatan Kec. Pajangan Edy Susanto, S.Pd. MM, Lurah Guwosari H. Muh. Suharto, Bhabinkamtibmas Desa Guwosari Bripka Supri Handono, S.H., Koramil Pajangan Pelda Nurhaiban, Kepala Dukuh Pringgading Bpk. Mangku Wibowo, Kepala Dukuh Krebet Bpk. Kemiskidi, Dukuh Dadapbong Munthoha, Ketua Pokgiat LPMD Bpk. Arwandi, BPD Pringgading Purwanto Dukuh dan Pamong Desa Guwosari, Ketua RT Pringgading (RT 1-9), toga, tomas, warga dan sejumlah tamu undangan. 

Lurah Guwosari H. Muh. Suharto dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan masyarakat Pringgading ini, masyarakat makin bersatu Guyub Rukun untuk meningkatkan pembangunan Pringgading. Terima kasih atas bantuan dari seluruh pihak khususnya Bpk. Joko Purnomo DPRD DIY dan seluruh warga Pringgading dalam mewujudkan acara ini. Kegiatan ini adalah kebudayaan Jawa yang Adi luhung dan perlu kita jaga dan lestarikan, ujarnya. 

Sedangkan Wakil Bupati Bantul KH. Drs.Abdul Halim Muslih dalam arahannya menyampaikan, Makaryo mbangun deso dan makaryo bangun budoyo adalah dengan kegiatan Merti Dusun ini. Kita harus bersama-sama melestarikan kebudayaan yang Adi luhung. Dengan Merti Dusun menunjukkan masyarakat Guyub Rukun yang menunjukkan Budaya luhur kita Yogyakarta. Masyarakat kita gotong ryong, kompak harmonis, Mbangun Pringgading, Guwosari, Pajangan, Bantul hingga Indonesia. 

Merti Dusun salah satu Budaya Adi luhung merupakan ciri khas masyarakat Jawa dan beda dengan Budaya Amerika, Cina Arab maupun Negara lainnya. Ke Hasan ini untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia untuk meningkatkan pembangunan Negara. 

“Saya ucapkan selamat bagi masyarakat Pringgading, sudah menunjukkan Guyub Rukunnya untuk membangun Dusun Pringgading. Ciri khas kita lainnya adalahmengutamakan rakyat diatas kepentingan pribadi dan golongan. Pringgading harus kuat Budaya dan Religininya, untuk itu kita jaga, lestarikan dan pertahankan”, pungkasnya. 

Acara ditutup dengan Kembul Bujono (makan bersama), pentas seni Tari Golek Ayun-ayun, penyerahan Panjang Ilang dan foto bersama. Selama kegiatan dilakukan pengamanan dari Polsek Pajangan, Koramil Pajangan, Linmas Guwosari dan OMMP (Organisasi Muda Mudi Pringgading). (Sihumas Polsek Pajangan) 

Komentar atas Kirab Budaya Merti Dusun Pringgading

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License